-=[ Blogger Indonesia ]=-

Profil Pemain Ashley Cole [Chelsea]

Profil Pemain Ashley Cole [Chelsea]

Karir di Chelsea Musim ini adalah musim ke-6 nya di klub, Ashley Cole ditransfer pada bursa transfer musim panas tahun 2006 dari Arsenal, dengan nilai transfer 5 juta poundsterling plus William Gallas, dan memulai debut pertamanya saat melawan werder Bremen pada September tahun yang sama.

Seorang pemain luar biasa yang suka membantu penyerangan, ia mengakui bahwa di akhir musim para penggemar Chelsea belum melihat performa terbaiknya, serangkaian cedera menghalanginya untuk menunjukkan hal itu. Persaingan dengan Wayne Bridge untuk posisi bek kiri berakhir dengan tidak menyenangkan bahkan dalam setiap pertandingan.

Menjalani operasi engkel pada musim panas membuka jalan untuk menjalani musim kompetisi 2007/08 tanpa halangan dan dengan cederanya Bridge, Ashley menjadi pemain yang berlaga pada sebagian besar pertandingan di musim itu, terutama dalam pertandingan-pertandingan besar.

Gol pertamanya bagi Chelsea adalah ketika bertandang ke West ham maret 2008 dan setelah bertahan dari cedera yang menghampiri dalam sesi latihan menjelang laga final liga Champion, Dia diikutsertakan dalam daftar pemain yang akan bertanding malam itu, termasuk keberhasilan saat menendang penalti.

Pada musim kompetisi 2008/09 dibawah asuhan pelatih Luiz Felipe Scholari, Ashley dioptimalkan untuk lebih menyerang namun ketika era kepelatihan Guus Hiddink, pemain belakang ini dioptimalkan untuk beroperasi di bek sayap, lebih difokuskan pada pertahanan, sebuah taktik yang berhasil membuat banyak penyelamatan di area pertahanan. Terpilih sebagai pemain terbaik 2008/09, Ashley mengkhawatirkan cederanya kambuh yang bisa mempengaruhi jumlah penampilannya bagi Klub dalam satu musim (49 kali).

Dia berhasil memenangkan gelar Piala FA dengan menaklukkan everton pada tahun 2009, dan berhasil mengulang prestasi tersebut pada Mei 2010 dengan mengalahkan Portsmouth dan menorehkan namanya sebagai salah satu pemain yang berhasil memenangkan Piala FA sebanyak 6 kali, 3 kali dengan Chelsea pada tahun 2007, 2009 dan 2010 dan 3 lagi bersama Arsenal.

Hal terkini yang diraihnya pada akhir musim lainnya adalah konsistensinya sebagai salah satu bek kiri terbaik dunia, raihan 6 piala FA-nya didapat dengan bergabung di dua Klub, seperti Nicolas Anelka sebagai orang pertama yang mampu melakukan hal yang sama bersama dua klub yang berbeda.

Dalam hal skil individunya, dia menorehkan rekor gol indah 4 kali dalam musim yang sama, salah satunya adalah Golnya untuk Chelsea ke gawang sunderland pada bulan January, sebuah control bola yang bagus setelah mendapatkan umpan lambung John terry yang terarah dan sontekannya berhasil menggetarkan gawang.

Dia mencetak gol kembali ketika melawan Stoke dan Tottenham, serta mencetak gol spektakuler ketika melawan Burnley dan kemudian Spurs, sebelum memberikan dua kali assist pada pertandingan melawan mantan klubnya Arsenal November 2009.

Setelah mengalami patah pergelangan kaki saat beradu dengan pemain everton Landon Donovan di bulan Februari, dedikasi dan penyembuhannya yang cepat membantu untuk kembali bermain sebelum akhir April saat mengalahkan stoke dengan skor akhir 7-0, dan di menggetarkan gawang wigan sekali lagi pada pertandingan Final kompetisi Liga musim tersebut.

Untuk pertama kali dalam karir sepakbolanya, musim 2010/11 menunjukkannya pada akhir kompetisi sebagai kompetisi liga primer Inggris yang selalu ia mainkan setiap pertandingan, telah memainkan 38 kali pertandingan liga. Itu membantunya meraih angka 200 kali penampilan bagi Chelsea, dan untuk kedua kalinya selama karirnya di Stamford Bridge dia mengakhiri musim dengan menggondol gelar pemain terbaik tahun itu, dan kembali menjadi salah satu dari 11 pemaian terbaik versi PFA, dan merupakan satu-satunya pemain Chelsea, dan itu setara dengan para pemain terbaik yang masuk dalam tim eropa tahun itu.

Sebelum Di Chelsea

dia bermain selama 3 bulan di Crystal Palace dengan status pinjaman pada akhir musim 1999/00, tampil dalam 14 kali pertandingan dan mencetak satu gol, kemajuan skil individunya terbayar dengan penampilan perdananya pada Liga Utama Inggris pada final premiership musim itu.

seiring berakhirnya musim kompetisi, Ashley menjadi pilihan sebagai bek kiri untuk menggantikan silvinho, dan musim berikutnya telah meraih medali pertamanya saat Arsenal mempertahankan dua gelarnya, mengalahkan Chelsea di Final. Setahun kemudian menaklukkan Southamptondi Cardiff untuk meraih gelar juara yang sama untuk kedua kalinya.

Dia juga bermain bagus dalam perjalanan menuju puncak juara liga inggris untuk kedua kalinya (bermain 32 kali bersama Arsenal dan tak terkalahkan di liga pada musim 2003/04) dan dipanggil untuk bergabung dalam skuad timnas Inggris.

Piala FA ketiga diraih pada tahun 2005, meskipun pada akhir musimnya di Arsenal dibekap cedera, dia berhasil pulih untuk bertanding di ajang liga Champion dan berhasil menaklukkan Barcelona, dan itu merupakan pertandingan terakhirnya bagi Arsenal.

Karir Internasional

Telah bermain di Timnas Junior Inggris dan U21, Ashley telah menempatkan Namanya dalam skuad Timnas Inggris yang diasuh Sven Goran Eriksson, dan memulai debut pertamanya melawan Albania pada Maret 2001.

Dia telah bermain di lima pertandingan timnas Inggris pada ajang Piala Dunia 2002 dan bagi banyak orang, dia merupakan Bintang lapangan selama ajang Piala Eropa 2004 di Portuugal. Namanya masuk sebagai pemain tim All Star dari turnamen tersebut.

Dia juga bermain dalam 5 pertandingan Timnas Inggris pada piala Dunia 2006, namun absen karena cedera pada babak penyisihan dan gagal di kompetisi Piala Eropa 2008.

Setelah 9 tahun penampilannya di pertandingan top dunia, dia menjadi pemain belakang Inggris yang sering tampil untuk timnas pada oktober 2010, menyamai rekor Kenny Sansom dengan 86 kali penampilan untuk timnas pada pertandingan melawan Montenegro dengan hasil imbang 0-0, dan akan memecahkan rekor di pertandingan berikutnya, dan sekarang dia menjadi pemegang rekor penampilan terbanyak bagi negaranya. Dia terpilih menjadi pemain terbaik tahun 2010 pilihan penggemar.


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Afdi Fauzul Bahar, Published at Wednesday, August 22, 2012 and have 0 comments