-=[ Blogger Indonesia ]=-

Cara Membuat Privacy Policy, Disclaimer dan Terms of Service

Cara Membuat Privacy Policy, Disclaimer dan Terms of Service

Privacy Policy Logo
Apa Itu Privacy Policy
Salam ™ ZtrongerNinjas ™ !
Sebagian dari kita mengangap bahwa Privacy Policy, Disclaimer dan Terms of Service tidak-lah begitu penting untuk sebuah blog atau situs, itu juga saya pikirkan awalnya. Anggapan ini keliru terutama bagi Anda yang menggeluti dunia bisnis online dan ingin menjalin hubungan dengan Adsense ternama seperti Google Adsense
Semua jasa Adsense ternama seperti Google Adsense mengharuskan blog atau situs yang digunakan sebagai publishernya memiliki Privacy Policy yang dapat diakses oleh siapapun.

Privacy Policy tidak hanya untuk Adsense saja, Privacy Policy juga menunjukkan siapa Admin yang bisa dihubungi jika ingin menanyakan hal tentang situs tersebut, memberitahukan tentang File Log blog atau situs Anda, mengatur penggunaan artikel dan lain-lain.


Sebuah website atau blog disarankan untuk menggunakan kebijakan dan aturan-aturan pengguna situs. Kebijakan ini biasanya dituangkan ke dalam halaman Privacy Policy, Disclaimer, Term of Use  dan yang lainnya. Anda bisa membuatnya secara online dengan menggunakan generator yang gratis dalam banyak situs di internet. Infodari akan memberikan informasi tentang Membuat Disclaimer dan Privacy Online Generator untuk Blog atau Website yang gratis. Namun sebelum Infodari akan berikan penjelasan singkat tentang kebijakan-kebijakan tersebut.

Privacy Policy
adalah pernyataan atau dokumen hukum (hukum privasi) yang mengungkapkan beberapa atau semua cara mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan mengelola pelanggan atau data klien. Informasi pribadi bisa apa saja yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi individu, tidak terbatas termasuk, nama, alamat, tanggal lahir, status perkawinan, informasi kontak, masalah ID dan tanggal kadaluwarsa, catatan keuangan, informasi kredit, riwayat kesehatan, kemana mana Anda berkunjung, dan niat untuk memperoleh barang dan jasa. Dalam kasus bisnis itu sering merupakan pernyataan yang menyatakan kebijakan partai pada bagaimana mengumpulkan, menyimpan, dan memberikan informasi pribadi yang dikumpulkan. Ini memberitahu klien informasi spesifik apa saja yang dikumpulkan, dan apakah itu dirahasiakan, kepada para mitra, atau dijual kepada perusahaan lain atau perusahaan. (Sumber: translate dari http://en.wikipedia.org/wiki/Privacy_policy)

Privacy policy juga sering dipasang di blog. Bahkan sudah ada plugin WordPress untuk membuat privacy policy secara otomatis. Tetapi menurut saya sih untuk blog pribadi, privacy policy tidak terlalu diperlukan. Beda halnya jika anda membuat situs semacam jejaring sosial atau semacam forum, privacy policy ini sangat diperlukan. berikut penjelasan yang disadur dari infodari.com :

Disclaimer 
adalah semacam peringatan yg diberikan oleh auditor. Disclaimer atau pernyataan penyangkalan diberikan dengan tujuan perlindungan bagi pemilik website atau situs sebagai pemberi informasi. Pembaca suatu situs dianggap secara otomatis menerima syarat dan ketentuan yang berlaku pada situs tersebut, termasuk klausul disclaimer.

Terms of service 
(biasa disingkat TOS) dan juga dikenal sebagai Ketentuan Penggunaan, Syarat & Kondisi) aturan mana yang harus disetujui untuk mematuhi untuk menggunakan layanan. Ketentuan Layanan juga dapat disebut sebagai Syarat Penggunaan atau kadang-kadang hanya sangkalan, terutama mengenai penggunaan website. (Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Terms_of_service)

Banyak situs yang menyediakan pembuatan privacy policy atau disclaimer atau term of service, baik yang berbayar maupun yang gratis. Jika anda ingin membuat privacy policy atau disclaimer atau term of service untuk website atau blog anda secara instan, anda bisa menggunakan beberapa diantaranya situs yang disebutkan di bawah ini.

Beberapa situs Disclaimer dan Privacy Online Generator Gratis:
1. serprank.com

2. privacypolicyonline.com

3. seqlegal.com

4. PriorityDigital.com

5. freeprivacypolicy.com

Sebenarnya pembuatan kebijakan-kebijakan ini tidak terlalu diperlukan untuk blog-blog pribadi. (ya buat pemanis blog tiadak apa-apa) Kecuali jika anda membuat situs semacam jejaring sosial, Onlineshop/Adsense atau semacam forum, dan situs-situs perusahaan yang sarat akan hukum, privacy policy ini sangat diperlukan. Kebijakan-kebijakan ini dapat anda tampilkan di satu halaman khusus dalam blog atau website anda.

Semoga bermanfaat.


Sumber : http://riefsaz.blogspot.com/2012/10/tips-membuat-privacy-police-dislaimer.html

http://afb15.blogspot.com/2013/12/cara-mebuat-privacy-policy-disclaimer.html


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Afdi Fauzul Bahar, Published at Tuesday, August 06, 2013 and have 1 comments